Sunday

Menjadikan Blog/Web ringan saat diakses


Setelah banyak yang membahas tentang cara-cara mempercepat traffic blog/web dengan cepat, sekarang saya akan membahas tentang bagaimana optimasi blog/web supaya proses atau penampilan website kita ringan. Dalam arti sebuah website dianggap bernilai itu tidak berdasarkan tampilan atau konsep saja,tapi berdasarkan dengan kecepatan proses penampilan website tersebut. Jika website/blog tersebut ringan,maka tak jarang banyak orang-orang yang tertarik dengan website yang kita buat. Belum lagi sekarang banyak user internet yang menggunakan akses via Handphone/ponsel, tentu saja itu akan mempengaruhi kecepatan data yang menampilkan website kita saat dikunjungi.

Nah,tips ini saya dapat ketika saya mengikuti perkuliahan dimata kuliah Struktur Data. Bahwa setiap program itu dianggap berkualitas bukan dari mampu mencetak sebuah hasil saja, tapi dilihat juga dari kecepatan dari program tersebut saat mencetak sebuah nilai, dalam bahasa IT nya biasanya disebut saat RUN.

Jadi saya berfikir, mungkin metode tersebut bisa saya gunakan didalam membangun sebuah blog/website. Nah untuk cara-caranya banyak sekali,mulai dari Compress HTML,mengambil Hosting yang cepat dan sebagainya. Nah kali ini saya akan membahas satu dari sekian cara tersebut,yaitu dengan cara Compress image yang ada didalam tampilan HOME blog/website kita.

Pada tampilan HOME kita terdiri dari beberapa image atau bisa juga berupa tampilan slide, yang paling familiar adalah image pada HEADER dan FOOTER. Nah perlu kita tahu bahwa waktu orang mengunjungi blog/website kita maka secara tidak langsung orang tersebut akan mendownload konten-konten yang terkandung dalam tampilang blog/website kita, berupa image,chace,slide,plugin dan lain sebagainya. Semakin besar file yang kita taruh dalam komponen blog/website kita maka sebesar itulah file yang akan didownload oleh pengunjung blog kita. Nah untuk mengantisipasi supaya pengunjung tidak terlalu lama menunggu tampilan blog/website kita maka kita harus meminimkan ukuran file-file dalam kandungan blog/website. Misalkan file header kita berupa image yang semula kita upload kedalam blog berukuran 90MB bisa kita minimkan menjadi 15MB, itu akan semakin mempercepat tampilan website kita sewaktu dibuka oleh pengunjung. Belum lagi sekarang sedang marak akses internet berbasis broadband atau modem yang rata-rata mempunyai kecepatan dibawah koneksi ISP, maka pengunjung akan lebih banyak memilih blog/website yang koneksinya ringan sewaktu dikunjungi.

Banyak sekali  website yang menyediakan layanan Compress image secara online, jadi kita tak perlu susah payah mendownload software Compress image untuk memperkecil ukuran image Header/Footer kita. Misalnya www.jpeg-optimizer.com www.imageoptimizer.net dan lain sebagainya. Dan ingat, bukan memperkecil gambar tetapi meng-kompress gambar,yang hanya memperkecil resolusi dari gambar tersebut,karena jika anda memperkecil gambarnya maka hasilnya akan berbeda.
Selamat mencoba….

1 comments:

  1. makasih gan akan saya coba, punya saya ini berat banget loading nya --->>
    alat bantu sex di solo

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih