Friday

Cara menggunakan FTP di Linux


Cara menggunakan FTP di Linux, disini saya akan bahas mengenai transfer file atau biasa disebut FTP didalam Linux menggunakan Linux Command Lines. Bahasan ini merupakan cara dasar, belum berbicara tentang pendalaman atau transfer protokol lanjutan, ingat hanya transfer dasar saja. Karena kita tau bahwa pengembangan Linux sudah sangatlah luas, dan banyak metode-metode transfer file yang telah diaplikasikan ke dalam software yang kompatible dengan Linux.
Langkah awal, anda harus mempunyai Hosting terlebih dahulu, atau jika kalian ingin melakukanya dalam jaringan lokal, maka anda harus membuat jaringan server yang berbasis Linux, ingat bukan Windows atau Mac OS. Untuk membuat jaringan berbasis Linux sudah pernah saya bahas dalam postingan Konfigurasi jaringan Linux.
Disini saya menggunakan Putty, mungkin anda sudah cukup familiar dengan exe yang satu ini, juga sering digunakan banyak user Linux.
Setelah anda masuk ke dalam Linux anda, ketikan ftp [nama domain anda]
contohnya seperti gambar dibawah ini,

Setelah itu akan muncul dialog Login, yang harus anda isi. Login disini sama dengan Login di FTP Hosting anda, username dan password sama dengan FTP Hosting.

Setelah berhasil Login, maka tampilan akan berubah bukan menjadi user Linux anda, tapi sudah berganti menjadi Linux di Hosting yang anda miliki.
Bisa dilihat gambar diatas, sebelum Login kedalam FTP, user kita masih berada di Linux pada PC kita. dan setelah kita Login maka user sudah berganti ke Linux Hosting kita, tandanya sudah berganti menjadi ftp>

Setelah itu tinggal kita jalankan perintah-perintah Command Line nya, hampir sama seperti standart Command Linux biasanya, untuk belajar dasar Command Line Linux sudah pernah bahas pada postingan Pemrograman Shell Linux. cuma ada beberapa unix command yang khusus untuk sistem FTP ini.
command unix itu seperti ascii, bell, binary, case, cdup, put, send, bye dan masih banyak lagi (bisa anda cari di Google).

Selanjutnya tinggal anda menjalankan FTP tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ingin anda kelola.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih