Sunday

Cara Instal XAMPP (PHP Tutorial)


Cara Instal Xampp - Dalam pembahasan mengenai PHP kali ini, saya menggunakan aplikasi Xampp. Dalam penginstalan Xampp kita akan mendapatkan satu paket berisi Apache Web Server, PHP, MySQL Server yang merupakan komponen dalam pembangunan PHP. Xampp menggabungkan beberapa komponen tersebut kedalam sebuah Installer yang pada akhirnya akan langsung terkoneksi dan bisa berjalan secara bersamaan.
Download Source XAMPP versi stabil terbaru di http://apachefriends.org. Pilih versi sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan (tersedia versi untuk Windows, Linux dan Mac).
Mari kita bahas,
Jalankan file installer XAMPP xampp-win32-x.x.x-installer.exe.
Akan ditampilkan window instalasi XAMPP. Pilih Next > untuk memulai proses instalasi.

Tentukan lokasi folder instalasi XAMPP, disarankan letakkan pada Drive C:, klik tombol Browse untuk memilih lokasi, kemudian pilih Next > untuk melanjutkan proses instalasi.

Selanjutnya akan ditampilkan pilihan kemudahan untuk menjalankan XAMPP, pilih Install untuk melanjutkan proses instalasi.

Proses instalasi selesai. Klik Finish untuk menutup proses instalasi.
Kita dapat mengatur XAMPP dengan mengakses XAMPP Control Panel yang dapat diakses melalui menu di Program Files atau icon di taskbar.

Untuk memastikan bahwa XAMPP beserta PHP, Apache dan MySQL berjalan dengan baik, bukalah browser dan ketikkan URL sebagai berikut:
http://localhost  atau http://127.0.0.1
Jika semua sudah berjalan dengan baik, maka akan ditampilkan gambar sebagai berikut:

Pilih bahasa yang ingin digunakan dan akan ditampilkan halaman utama XAMPP sebagai berikut:





Untuk dapat mulai menggunakan Apache sebagai Web Server lokal pada komputer, kita perlu meletakkan file-file halaman web, dalam hal ini yang mempunyai ekstensi .html atau .php ke dalam folder htdocs, lebih tepatnya pada folder  C: \XAMPP\htdocs.

Untuk melakukan test, apakah PHP dapat berfungsi pada XAMPP, klik link phpinfo() pada sidebar sebelah kiri halaman utama XAMPP.

Untuk melakukan test, apakah MySQL dapat berfungsi pada XAMPP, klik link phpMyAdmin pada sidebar Tools sebelah kiri halaman utama XAMPP. Lalu akan muncul page phpMyAdmin seperti gambar dibawah ini.


Perlu diketahui beberapa konfigurasi dari MySQL Server yang akan selalu digunakan ketika kita bekerja menggunakan MySQL, keterangannya sebagai berikut :

MySQL Server : localhost
MySQL Username : root
MySQL Password : {kosong} - secara default, MySQL akan diinstall tanpa password


Selesai, dan Xampp anda siap untuk digunakan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih