Tuesday

Peralatan LAN

Peralatan jaringan LAN yang di gunakan Kabel, Lan C ard (ethernet Card), Repeter,Hub,Bridge dan Switch.

Kabel dan Peralatanya
Ada 3 bagian besar standard jaringan Unshielded Twisted Pair (UTP) yaitu, Eth ernet 10Mhz (10 Mbs) 10BASE-T, Ethernet 100 Mhz (100 Mbs) 100BASE-TX Fast Ethernet.dan Gigabits Ethernet 1000 Mhz (1000 Mbs).
Jaringan yang sederhana bisa dibuat hanya dengan 2 komputer. Masing -masing komputer mempunya NIC (Network Interface Card) dan menjalankan Software Jaringan dan antara keduanya di hubungkan dengan Cross Over kabel.


Untuk menghubungkan jaringan komputer yang lebih banyak diperlukan HUB atau SWITCH dan di gunakan kabel Straigh t-Thru.

Kabel yang biasa digunakan untuk jaringan twisted -pair adalah category 5 (CAT 5) untuk 10 Mbs dan 100 Mbs. Untuk Gigabit Ethernet gunakan Kabel CAT 5e atau CAT 6.
Kabel CAT5

Ujung dari kabel yang di buat baik Straight mau pun Cross harus di pasang konektor sebagai terminal dari kabel. Konektor ini di sebut RJ -45(Registered Jack 45).
RJ-45
Tang Crimp digunakan untuk meng -crimp kabel dan konektor RJ -45.
Tang Crimp
Setelah mengetahui peralatan yang di butuhkan untuk membuat kabel jaringan mari kita coba membuat kable tersebut. Pada dasarnya k abel yang dipakai hanya 4 sisa nya sebagai ground dan pin-pin yang di pakai (hubungkan) adalah pin 1,2,3 dan 6 dan untuk kabel cross pin 1 di hubungkan ke pin 3, 2 ke 6, Pin TX (transmitter) berhubungan dengan pin RX (receiver). Untuk lebih jelasnya lih at gambar berikut.

Ada dua standard kode warna yang dapat di gunakan yaitu EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B. Kedua standar tersebut dihubungkan dengan konektor RJ -45 seperti berikut.
Contoh pemakian kabel yang menggunakan standard EIA/TIA 568A dengan memakai ke - 8 kabel.


Gambar yang lebih lengkap tentang urutan warna pemakaian kabel sesuai standar adalah sebagai berikut.


Tampak kabel dan konektor RJ -45 yang sudah jadi


Panjang kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan antara PC dengan HUB atau pun PC dengan PC tidak dapat lebih dari 100 meter.

Network Interface Card (NIC)
NIC adalah peralatan fisik yang menjambatani antara network dan komputer. NIC sangat menentukan kecepatan dalam su atu jaringan. NIC biasanya berbentuk kartu yang dipasang di dalam komputer (internal), bisa berupa card ISA, PCI, atau PCMCIA.

Repeater
Repeter digunakan untuk menghubungkan segmen kabel agar dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Repeter berfungsi hanya untuk memperkuat sinyal.

HUB
Hub dan repeater dapat di katakan hampir sama, hanya meneruskan data tanpa memiliki kecerdasan mengenai alamat-alamat yang dituju. Hub tidak memiliki kemampuan untuk meneruskan data ke komputer lain yang berbeda network ID.
Hub hanya memiliki satu domain collision, sehingga walaupun komputer -komputer dihubungkan ke port-port yang berlainan, tetapi tetap ber ada pada satu domain collision yang sama. Dengan demikian, jika salah satu port sibuk, port -port yang lain harus menunggu. Hub dapat dihubungkan dengan hub lainnya secara bera ntai (disy chain) untuk memperluas jaringan LAN.
Pada jaringan Ethernet 10BaseT, u ntuk menghubungkan beberapa hub didalam sutau domain collison, berlaku peraturan -peraturan sebagai berikut :
  •  Antara 2 komputer hanya di perbolehkan 4 hub dan 5 segmen kabel
  •  Panjang kabel antara komputer ke hub atau hub ke hub ma ksimum 100 meter
  •  Diameter jaringan adalah panjang kabel maksimum antar 2 komputer misalnya antar komputer A dan komputer B , adalah 500 meter.
  •  Panjang kabel antara hub dan komputer minimum 1 meter.
Bridge
Fungsi utama bridge adalah un tuk memisahkan jaringan yang luas menjadi subjaringan yang lebih kecil. Pada dasarnya bridge akan mengisolasi sebuah subjaringan dengan subjaringan lain. Bridge akan sangat selektif dalam melewatkan data untuk dikirimkan antar subjaringan. Bridge di gunakan untuk membagi LAN menjadi 2 domain collision untuk mengurangi jumlah tabrakan (collision) dan metode ini di sebut segmentasi.
Bridge bekerja pada lapisan data link dan menggunakan MAC address untuk meneruskan frame-frame data ke tujuannya. Salah satu kelemahan bridge adalah jika alamat yang di terima tidak di kenal oleh bridge, maka akan di siarkan berita ke jaringan segmen lain dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya broadcast strom (badai siaran) yang efeknya dapat membuat jaringan macet total. Walaupun dapat memiliki domain collision yang berbeda, tetapi peralatan bridge hanya memiliki satu broadcat domain.


Switch
Switch adalah sejenis bridge yang juga bekerja pada lapisan data link tetapi memiliki ke ungulan karena memiliki sejumlah port yang masing -masing memiliki domain collision sendiri-sendiri. Switch menciptakan virtual private network (VPN) dari port pengirim dan port penerima. Jika 2 host (komputer) sedang berkomunikasi lewat VPN tersebut, dan tidak mengganggu segmen lainnya. Jadi, jika satu port sedang sibuk, port -port lain tetap dapat berfungsi.
Dengan switch memungkinkan transmisi full -duplex untuk hubungan port ke port. Pengiriman dan penerimaan dapat dilakukan bersamaan mengunakan VPN. Persyaratan untuk mengadakan hubungan full -duplex adalah hanya satu host (komputer) yang dapat dihubungkan ke satu port dari switch (satu segment per node). Komputer tersebut harus memiliki NIC yang mendukung (support) Ful -duplex, serta collision detection dan loopback harus disable (dimatikan).

Router
Router peralatan utama yang digunakan dalam Wide Area Network (WAN). Informasi(paket data) dapat di teruskan ke alamat -alamat yang berjauhan dan berada di network yang berlainan. Hal itu tidak dapat di lakukan oleh hub, bridge atau switch.
Pada router proses seleksi atau pe -route-an dilakukan pada network layer dari arsitektur jaringan komputer. Artinya proses seleksi bukan pada ethernet address tapi pada lapisan yang lebih tinggi seperti Internet protocol address.

Wireless LAN
Prinsip dasar dari jaringan wireless lan sama saja dengan jaringan pada ethernet card hanya beda pada media transmisi yang melalui udara.
Access Point (AP) pada wirele ss lan berfungsi mirip sebagi HUB, tanpa access point peralatan wireless ( komputer yang mempunyai wereless adapter ) hanya dapat berkomunikasi lewat point to point (2 komputer atau lebih).
Agar semua komputer dapat berkomunikasi dengan WLAN yang sama, p ada access point akan mengeluarkan sinyal (code) SSID (Service Set Identification) dan pada semua komputer yang akan terhubung dengan akases point tersebut harus di isikan (konfigurasi) mengunakan SSID yang di keluarkan accsess point tersebut.


Dengan Memakai Access point jaringan dapat di hubungkan antara jaringan yang mengunakan kabel dan jaringan yang menggunakan perangkat wireless.
Standar yang di gunakan pada perangkat wireless yang di pakai IEEE adalah 802.11. Untuk lebih lenkapnya
802.11b
Digunakan mulai akhir tahun 1999 dengan menggunakan frekuensi 2,4 GHz , maksimum bandwidth yang bisa di capai 11 Mbps, modulasi sinyal yang digunakan adalah DSSS.
Kanal yang tidak overlapping 3. Kompatibel dengan type g jika type g jalan pada mode mixed.

802.11a
Digunakan mulai akhir tahun 2001 dengan menggunakan frekuensi 5 Ghz, Maksimum bandwidth yang bisa di capai 54 Mbps, modulasi siny al yang di gunakan adalah OFDM.
Kanal yang tidak overlapping 12 (bisa lebih). Tidak kompatibel dengan type b dan g.

802.11g
Digunakan pada pertengahan tahun 2003 dengan mengunakan frekuensi 2, 4 GHz, maksimum bandwidth yang bisa di capai 54 Mbps , modulas i sinyal yang di gunakan adalah OFDM.
Kanal yang tidak overlapping 3. Kompatibel dengan type b namun hasilnya mengikuti type b.

802.11a/g
Digunakan mulai pertengahan tahun 2003 dengan menggunakan frekuensi 2,4 GHz dan 5 Ghz, maksimum bandwidth yang bisa di capai 54 Mbs, modulasi sinyal yang di gunakan OFDM.
Kanal yang tidak overlapping 16. Bila jalan pada modus a tidak kompatibel dengan type b dan g. Bila jalan pada modus g kompatibel dengan type b.

Disamping itu ada juga standar type 802.11e yang mempunyai kelebihan pada security, dan type 802.11n yang bisa mencapai kecepatan 100 - 320 Mbps.

Jarak yang bisa di capai dengan WLAN bisanya bisa sampai puluhan meter (indor) dan sampai ratusan meter (kilo meter) (outdor) tergantung jenis dan merek , penguat dan antena yang di gunakan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih