Monday

Protokol LAN

Protokol adalah peraturan yang dibuat agar komputer satu dengan yang lain dapat berhubungan dengan baik. Protokol yang dipakai untuk jaringan LAN adalah protokol Ethernet, token Ring, FDDI, dan ATM.

Ethernet
Protokol Ethernet merupak an protokol LAN yang paling banyak dipakai karena berkemapuan tinggi dengan biaya yang rendah. Kecepatan yang bisa capai dari 10 Mbps,Fast ethernet 100 Mbps dan Gigabit Ethernet 1000 Mbps.
Protokol Ethernet mengunkan standard spesifikasi IEEE 802.3, bekerja berdasarkan brodcast network. Dimana setiap node (host) menerima setiap data yang dikirim oleh node lain. Mengunakan mekanisme (metode akses) yang di sebut CSMA/CD ( Carrier Sense Multiple Access / Collison Detection ).
Secara singkat cara kerja dari P rotokol Ethernet adalah: Sebelum mengirim data Host (komputer) memeriksa apakah network (jaringan) ada pengiriman data. Jika tidak ada pengiriman data (network sepi), baru host tersebut melakukan pengiriman data. Jika network sibuk , host akan menun ggu sampai network sepi. Bila 2 host pada saat yang bersamaan melaukan pengiriman data, terjadilah tabrakan (collision). Jika hal ini terjadi, kedua host mengirimkan sinyal jam ke network dan semua host berhenti mengirimkan data dan kembali menunggu. Kemudian secara random, host -host menunggu dan mengirimkan data kebali. Backoff algorithm digunakan untuk mengatur pengiriman ulang setelah terjadi tabrakan.

Tabel berbagai jenis protokol Ethernet, kecepatan , jenis kabel, topologi, jarak maksimum dan konektor yang sering di pakai dalam LAN.
Jenis                        Frekuensi(Mbps)   Kabel                   Topologi Jarak Maks Konektor
10 BaseT 10 Cat 3,4,5 UTP Star 100 Meter RJ-45
100 BaseTX 100 Cat 5 UTP Star 100 Meter RJ-45
10 Base2 10 Thin Coax  RG-58 Bus 185 Meter BNC
10 Base5 10 Thin Coax RG-8 Bus 500 Meter DIX, AUI
10 BaseFL 10 Fiber OPTIK Star 2000 Meter SC, ST
100 BaseFX 100 Fiber OPTIK Star 412 Meter SC,ST
1000 BaseTX 1000 Cat 5 UTP Star 100 Meter RJ-45
1000 BaseSX 1000 Fiber Optik multi
mode 50 micron
Star 550 Meter SC,ST
1000 BaseLX 1000 Fiber Optik Single
mode 50 micron
Star 3000 Meter SC,ST

Token Ring
Diciptakan oleh perusahaan IBM menggun akan topologi ring. Kecepatan Token Ring bisa mencapai 4 Mbps dan 16 Mbp s (untuk saat ini tergolong lambat).
Dalam pengunaannya komputer yang dihubungkan ke jaringan token ring melalui suatu hub khusus untuk Token Ring yang disebut Multi -Station Access Unit (MSAU).
MSAU memiliki ring input port (RI), Ring Output port dan seju mlah port untuk berhubungan dengan komputer. Token Ring menggunakan metode yang disebut Beaconing untuk mencari kesalahan jaringan.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jaringan Token Ring adalah panjang lingkaran token tidak boleh lebih dari 12,2 meter untuk kabel jenis UTP. Lobe adalah kabel untuk menghubungkan suatu komputer ke port MSAU dengan panjang maksimum 45,5 meter untuk jenis UTP dan 100 Meter untuk jenis STP.

FDDI
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang di cip takan ANSI adalah protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber pptik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary. Kedua lingkaran tersebut dapat di gunakan untuk pengiriman data,namun hanya lingkaran primary yang biasanya di pakai s ebagai jaringan utama. Lingkaran secondary baru berfungsi jika lingkaran primary mengalami kerusakan.
Jaringan FDDI mempunyai kecepatan 100 Mbps melauli media fiber optik. Fiber optik yang umumnya di pergunakan oleh FDDI adalah kabel multi -mode fiber opti k tipe 62.5/125 pm. Setiap lingkaran jaringan FDDI dapat mencapai panjang 200 KM dengan jumlah workstation maksimum sebesar 500 buah. Jarak maksimum antar workstation adalah 2 km. FDDI juga menyediakan sarana penggunaan kabel copper yang sering juga disebut Copper stranded Distributed Data Interface (CDDI).
Keuntungan penggunaan fiber optik ini :
· Bandwidth yang besar
· Tidak terganggu oleh sinyal listrik
· Memiliki kapasitas untuk pemakaian jarak jauh.
Hubungan dari server atau workstation kejaringa n FDDI melalui suatu peralatan jaringan yang disebut concentrator. Ada dua jenis concentrator, yaitu concentrator tunggal yang berhubungan dengan satu lingkaran FDDI, dan concentrator ganda yang berhubungan dengan kedua lingkaran FDDI.

ATM
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah protokol yang di atur oleh badan internasional ITU-T yang menggunakan ukuran frame dengan panjang tetap sebesar 53 byte yang di sebut sel.
ATM sangat cepat dan dapat memiliki bandwidth yang sangat besar menggunakan jalur transmisi cepat seperti SONET, DS -1, OC-3, OC-12, T3, FDDI 100 Mbps, Fiber Channel 155 MBps. Oleh sebab itu, umumjnya menggunakan media fiber optik yang dapat mencapai kecepatan 622 Mbps. ATM juga menyediakan sarana penggunaan kabel UTP CAT-5 dengan kecepatan 155 Mbps.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih