Monday

Topologi Networking

Topologi Jaringan
Gambaran bagai mana menghubungkan komputer satu dengan yang lain ini lah yang di sebut topologi jaringan. Topologi yang banyak di pakai antara lain.

Topologi Bus
Dengan topologi ini komputer di hubungkan secara berantai ( daisy -chain ) dengan perantaraan suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial. Ujung -ujung dari kabel koaksial harus di tutup dengan tahanan (te rmination resistor) untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan ganguan yang menyebabkab kemacetan jaringan.
Ujung kabel yang ke komputer mengunakan konektor BNC. Pada setiap network adapter (Lan Card) di pasang konektor BNC tipe T , yang bercabang. Kable koaksial tersbut di hubungkan dengan satu dengan yang lainnya dengan konektor ini.

Topologi ini mudah dipasang dan murah namun bila terjadi sesuatu terhadap salah satu komputer, komputer lainnya kemungkinan akan terganggu. Kecepatan yang bisa dicapai hanya 10 Mbps.

Topologi Bintang (Star)
Topologi star menggunkan HUB/SWITCH. Semua komputer dihubungkan ke hub/switch tersebut. Hub/Switch berfungsi untuk menerima sinyal -siynal dari komputer dan meneruskannya ke semua komputer yang berhubungan d engan hub/switch tersebut.
Jaringan dengan topologi ini lebih mahal dan lebih sulit untuk pemasangan. Dan setiap komputer mempunyai kabel sendiri -sendiri sehingga lebih mudah mencari kesalahan dalam jaringan. Kabel yang digunakan biasanya mengunakan kab el UTP CAT-5.

Topologi Star-Bus (Trees)
Topologi Star-Bus adalah topologi gabungan star dan bus. Topologi ini yang paling banyak di pakai pada jaringan kantor yang lebih besar. Komputer -komputer dihubungkan ke hub/switch , hub/switch yang satu di hubungkan dengan hub /switch yang lainnya.
Topologi Lingkaran (Ring)
Topologi ini mirip topologi bus hanya saja ujung -ujungnya saling berhubungan membentuk lingkaran. Topologi ring ini diperkenalkan oleh IBM untuk mendukung protokol token ring yang diciptakan IBM.
Topologi Mesh
Jaringan dengan topologi Mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan dijaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu jaringan mesh yang murni, yaitu seti ap peralatan dihubungkan satu dengan yang lain, jarang digunakan. Yang di biasa dipakai adalah membuat jalur ganda (backup) untuk hubungan-hubungan utama sebagai jalur cadangan jika terjadi kesulitan dijalur utama.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih